Selasa, 25 Juni 2013

Fungsi Tim Sukses : Dapat bergerak dan digerakkan oleh caleg (bagian-1)

Sudahkah Tim Sukses Anda kondusif dan sangat siap untuk bertempur mendapatkan suara di pemilu legislatif sehingga mengantarkan anda duduk menjadi anggota legislatif? Kehebatan tim sukses untuk menjadi mesin pemenangan sangatlah penting. Bisa jadi mereka adalah penentu kemenangan Anda. Bagaimana dengan tim sukses Anda saat ini?

Seperti yang akan Anda lihat dari 8 fungsi tim sukses berikut, mungkin Anda sudah dapat menggambarkan bagaimana langkah dan kinerja tim sukes Anda. Begitu tim sukses Anda melaksanakan 8 fungsi tim sukses ini maka Anda mungkin sudah dapat dikatakan memiliki tim sukses yang hebat. Sudahkan tim sukses Anda menjalankan 8 fungsi tim sukses berikut ini?

Dari pengalaman saya menjadi bagian dari tim sukses salah satu caleg, maka saya menyimpulkan tim sukses setidaknya perlu melakukan 8 fungsi berikut :
  1. Dapat bergerak dan digerakkan oleh caleg
  2. Membangun citra
  3. Membantuk Opini
  4. Menghalau Fitnah
  5. Mengajak Memilih
  6. Tunjukkan Loyalitas
  7.  Melakukan Sentuhan Dari Berbagai Arah
  8. Menjalankan fungsi Spionase
Kami mungkin sudah melakukan semua fungsi tersebut pada perebutan kursi di pemilu legislatif 2009, dan berhasil. Semua tim sukses, secara pribadi, perseorangan, harus memahami dan mampu melakukan fungsi ini. Kabar baiknya pada kenyataannya untuk melaksanakan delapan fungsi ini rasanya tidak selalu sulit.

Ini mungkin seperti terlalu ideal tetapi memang harus demikian adanya. Pada awalnya kami tidak tahu persis secara definisi membedakan satu persatu apa fungsi-fungsi yang pernah kami lakukan. Hanya saja saya kemudian memilah-milahnya dan menemukan delapan fungsi ini. Mari kita periksa satu per satu.

1. Dapat bergerak dan digerakkan oleh caleg
Dapat bergerak : Tim sukses dapat bergerak tanpa instruksi maupun atas instruksi caleg. Atau bergerak atas kesepakatan bersama. Bergerak melakukan 8 fungsi kapan pun dimana pun dengan resiko apa pun (tentu tidak ada resiko luka badan atau ancaman jiwa).

Pertama-tama kami mendiskusikan apa yang harus kami lakukan. Kami membicarakan arah, harus bagaimana kami bergerak. Semua fungsi itu tersirat dari bahan pembahasan dalam diskusi dan pertemuan kami. Beberapa memang tidak secara langsung disebutkan, hanya saja tersirat dari penyampaian-penyampaian pertemuan kami.

Tidak ada gunanya mengumpulkan orang-orang yang kemudian dinamakan tim sukses namun tidak mau diinstruksikan oleh sang CALEG. Anda tentu sudah membayangkan kemungkinannya. Ada kalanya sang caleg memberikan intruksi penuh atas dirinya sendiri, ada kalanya pula instruksi berasal dari hasil diskusi dan kesepakatan bersama.

Posisi intruksi memang saat itu kami tempatkan ada pada sang caleg. Posisi kami adalah memberikan input : pemikiran (ide) maupun informasi, lalu kemudian disimpulkan langkah atau sikap apa yang akan dilakukan bersama oleh tim sukses ring satu, ring dua dan ring tiga.

Setiap ada kesempatan, dalam setiap harinya, khususnya 6 bulan sebelum hari H pemilihan, kami, masing-masing, melakukan fungsi-fungsi itu dengan sendirinya.  Semakin waktunya dekat maka ritmenya semakin inten.

Semua dari tim sukses kami, mungkin saat itu yang paling beruntung, karena mereka memiliki semangat dan tingkat inisiatif yang tinggi. Untuk mencapai ini memang tidak gampang tapi bisa di capai. Hanya saja perlu langkah-langkah secara komprehensif.

Mereka memiliki motivasi bukan karena materi (uang), kami tidak ada kesepakatan apa pun mengenai uang. Mungkin ada yang mengira satu diantara kami akan dibayar. Tidak sama sekali. Mereka digerakkan oleh akal sehat, pikiran logis mereka yang berpadu dengan pandangan dan harapan yang sama. Mereka lebih di motivasi oleh ketulusan dan rasa kebersamaan yang terbentuk. Motivasinya lebih kepada yang bersifat emosi.


Dapat menggerakkan : Menggerakkan disini maksudnya adalah menggerakkan diri sendiri dan menggerakkan rekan-rekan di bawahnya. Melakukan pendekatan kepada calon pemilih, saling menguatkan antar tim sukses, dan kemudian setelah ada respon yang baik dari calon pemilih maka langkah selanjutnya memantau langkah dan sepak terjangnya, apakah dia konsisten dengan sikap dan perkataanya. Bila yakin ada indikasi ia konsiten maka masukkan pihak yang sangat mungkin mampu masuk menyentuh sang pemilih tersebut untuk membantu tim sukses, membantu mengajak orang untuk memilih sang caleg, setidaknya keluarga mereka sendiri.

Tim sukses juga dapat menggerakkan simpatisan dan masyarakat yang berpotensi, yang menunjukkan keberpihakan. Ini dalam rangka  menghimpun kemungkinan bertambahnya jumlah calon pemilih. 

--------------------------------------------------------
Klik "SUKA" bila tulisan ini terasa bermanfaat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Bagaimana supaya Anda menang di PILEG bergantung dari anda membangun AUDIEN ANDA SENDIRI dan membangun DAYA AJAK yang kuat. Bagaimana Caranya?


Silahkan baca artikel-artikel pemenangan PILEG berikut ini :

  1. Persiapan Menyeluruh Untuk Pemenangan Anda di PILEG
  2. Inilah Penyebab Proses Pemenangan Dilakukan Serampangan
  3. Mau Nyaleg? Sempatkan Untuk Mempelajari Situasi dan Iklim Di Internal
  4. 12 Wilayah Rahasia Ini Jarang Semua Di Garap Caleg Dalam Marketing Politik
  5. Buku ini awalnya hanya untuk catatan pribadi saat jadi ketua tim sukses pileg 2009
  6. Mau Nyaleg? Sempatkan Untuk Mempelajari Situasi dan Iklim Di Internal
  7. Fenomena Partai Yang Seharusnya Jadi Cambuk Bikin Terus Perbaikan Internal Tanpa Kecuali
  8. Cari Pengurus Partai Ternyata Sulit. Bisa-bisa Kelimpungan
  9. Buku : Kunang-kunang Pemenangan Pemilu
  10. Inilah Penyebab Proses Pemenangan Dilakukan Serampangan
  11. Mendalami Pemilih Pragmatis
  12. Bagi Caleg Kendala Vital Untuk Menang Pileg Sebenarnya Hanya Satu
  13. Jangan Salah Pendekatan, Efeknya Fatal Untuk Kemenangan Sang Caleg
  14. 10 Bahaya Pragmatis Yang Mungkin Jarang Dipikirkan Serius Efeknya Sangat Berbahaya
  15. Semua Inti Tulisan Pemenangan Pileg Tentang Hal Ini, Apa Saja?
  16. Bila Nyaleg Jangan Kalah Sama Tukang Sayur Keliling
  17. Bukan Yang Terbaik Tapi.....
  18. Asyikkkk!!!!Tulisan Saya Di Muat dan Di Sebar
  19. Cara Menang Mutlak di Pileg
  20. Persiapan Menang Nyaleg Di Pileg 2019
  21. Berbekal Sejak Dini, Dengan Strategi Pemenangan Yang Ampuh
  22. Mendalami 2 Jenis Pemilih Pragmatis, Anda Jangan Terperangkap
  23. 6 Penyebab Yang Menjadikan Terpaksa Harus Pragmatis
  24. 5 Hal Ini Sepertinya Harus Ada Pada Caleg Supaya Tak Beresiko Besar
  25. Caleg Harus Siaga Diri Mengamankan Diri, Aman dari Sisi Ini

============================

Lanjutkan ke SESI 2 : Klik disini!

-------------------------------------------------